Kamis, 30 Januari 2020

WA : 081-83-777-49 Daftar Packing untuk Pengiriman Paket ke Luar Negeri beserta Tipsnya

UKM EXPRESS KEPUNG KEDIRI
Informasi tentang Daftar Packing untuk pengiriman paket ke luar negeri baik barang dan dokumen sesuai dengan standar pengiriman internasional beserta tips packing paket ke luar negeri. Penggunaan packing yang baik dan sesuai standar sangat penting untuk diketahui supaya tidak menyebabkan kerugian seperti kerusakan dan terhindar dari biaya tambahan dari pihak ekspedisi seperti biaya repacking/pengepakan ulang, fumigasi, dll.
Mengirim paket ke luar negeri berbeda dengan mengirim paket antar kota, karena paket anda akan melewati proses perjalanan yang panjang dan terkadang harus transit terlebih dahulu di beberapa negara hingga sampai ke negara tujuan. Ekspedisi atau Jasa Pengiriman Luar Negeri Internasional ternama seperti DHL, FEDEX, TNT, UPS menerapkan kebijakan dan syarat pengepakan yang cukup ketat karena mereka sangat memperhatikan kemanan paket selama dalam perjalanan. Jadi jangan asal-asalan saat mengepak paket ke luar negeri supaya tidak rusak.

1.Daftar Packing Pengiriman Paket ke Luar Negeri

Pertama yang perlu kita ketahui yaitu daftar packing apa saja yang bisa digunakan untuk mengirim paket ke luar negeri sesuai standar internasional yang berlaku di Ekspedisi Luar Negeri seperti DHL, FEDEX, TNT, UPS, dll. Ada beberapa jenis packaging yang diterima oleh Perusahaan Kargo Internasional, seperti berikut ini :

  • Amplop
  • Box
  • Crates/Peti Kayu (Wood Packaging)
  • Palet

Berikutnya kami akan mengulas satu-satu tentang kegunaan dan kelebihan beserta tips penggunaan kemasan di atas.

Packing Amplop untuk paket Kiriman ke Luar Negeri

Packing Amplop atau kemasan amplop biasa digunakan untuk packing pengiriman  paket ke luar negeri berupa dokumen. Selain untuk mengirim paket dokumen, amplop juga bisa digunakan untuk barang juga. Anda bisa menggunakan amplop untuk pengiriman barang yang jumlahnya sedikit atau barang-barang kecil. Contoh penggunaan amplop untuk paket kiriman luar negeri :


  1. Mengirim Baju satu atau dua lembar.
  2. Mengirim souvenir yang jumlahnya tidak terlalu banyak
  3. Mengirim sample
  4. Mengirim buku
  5. dan barang lain yang sekiranya bisa dimasukkan dalam amplop.

Kelebihan menggunakan kemasan Amplop yaitu anda tidak akan dikenakan perhitungan berat dimensi atau volume untuk paket kiriman luar negeri anda.

Tips penggunaan Packing Amplop untuk pengiriman paket ke luar negeri, yaitu :


  • Pilih ukuran amplop yang sesuai dengan barang anda.
  • Tatalah barang anda dengan rapi dan usahakan bentuk amplop tidak terlalu menggelembung.
  • Lapisi Amplop anda dengan plastik untuk paket yang mudah rusak jika terkena air hujan, tumpahan air dan cairan lainnya.
2. Packing Box untuk paket kiriman ke Luar Negeri

Box bisa dipakai untuk packing pengiriman paket ke luar negeri berupa barang. Jenis Box yang diterima dalam pengiriman paket ke luar negeri yaitu Box Kardus, Box Stereo foam, Box Plastik (Container Plastik). Kemasan Box bisa dipakai untuk segala jenis barang. Kelebihan menggunakan kemasan Box yaitu untuk melindungi barang anda dari kemungkinan kerusakan selama dalam perjalanan dari Indonesia ke negara tujuan.

bagi anda yang menggunakan box untuk pengiriman paket anda, ada beberapa tips pemilihan kardus yang baik seperti berikut ini :


  • Gunakan Kardus yang bagus yang bentuknya kuat, kokoh dan tebal.
  • Pilih kardus yang ukurannya sesuai bagi paket anda dan tidak menyisakan terlalu banyak ruang kosong pada kardus, isi ruang kosong dengan koran atau kertas yang dipadatkan atau bisa juga menggunakan busa.
  • Jika diperlukan lapisi barang anda dengan bubblewrap sebelum dimasukkan dalam box.
  • Segel kardus dengan Isolasi atau Lakban pada bagian atas dan bawah kardus (full lakban) supaya tidak jebol pada saat diangkat.
  • Tambahkan Stiker Fragile atau Barang Pecah Belah untuk paket yang mudah pecah
  • Usahakan setiap paket beratnya tidak lebih dari 50 kg supaya tidak dikenakan biaya tambahan. Jika anda merasa barang anda beratnya lebih dari 50 kg, pisah barang menjadi beberapa box atau kardus.
  • Lapisi Box atau Kardus dengan Plastik (Plastik hitam yang biasa digunakan untuk sampah) apabila paket anda mudah rusak jika terkena hujan atau salju. Contohnya seperti Buku.
  • Gunakan Box Stereo foam jika barang yang akan anda kirim membutuhkan perlindungan lebih. Box Stereo foam ini sangat kuat dan kokoh walaupun ditindih paket lain, barang anda tetap aman.
  • Untuk Box Plastik (Container Plastik) harus disesuaikan dengan ketebalan bahan dan kekuatannya ketika ditumpuk dengan paket lain.

3. Packing Kayu untuk pengiriman paket ke luar negeri

Packing Kayu (Wood Packaging) biasa digunakan untuk packing pengiriman paket ke luar negeri dengan komoditas barang yang rawan rusak. Kegunaan packing kayu ini hampir sama seperti pengiriman paket dalam negeri, seperti untuk pengiriman barang elektronik, Mesin, body mobil/motor, patung, lukisan, dsb. Kemasan peti kayu atau biasa disebut packing kayu ini untuk menjaga barang dari kerusakan selama dalam proses pengiriman ke luar negeri.

Tips yang wajib diperhatikan jika anda menggunakan packing kayu untuk pengiriman paket ke luar negeri, yaitu :

  • Bahan kayu yang dipakai harus memenuhi standar internasional yaitu ISPM No 15 tentang kemasan kayu dalam perdagangan internasional untuk mengurangi resiko penyebaran organisme pengganggu tumbuhan karantina.
  • Anda bisa menggunakan material berikut ini , yaitu : plywood (Kayu Lapis), Particel Board, Veneer, Sekam Kayu (Saw Dust), Sampah Ketaman Kayu (Shavings), Triplek dengan tebal < 6 mm.
  • Jangan menggunakan bahan kayu yang biasa untuk packing dalam negeri, karena anda akan dikenakan biaya  tambahan untuk proses fumigasi (sterilisasi organisme pengganggu yang menempel pada kayu). Biaya fumigasi ini bekisar 500,000 � 1,000,000 tergantung kota asal pengiriman.
  • Untuk Packing Kayu yang volumenya besar atau berat lebih dari 50 kg, tambahkan kaki-kaki penyangga pada packaging kayu anda supaya memudahkan proses pemindahan paket dengan menggunakan forklift.

4. Packing Palet untuk paket kiriman luar negeri

Packing Palet/Kemasan Palet biasa digunakan untuk packing pengiriman paket ke luar negeri dengan jumlah banyak. Misalnya seperti ini, anda melakukan pengiriman ke australia dengan jumlah box lebih dari 10 box atau beberapa peti kayu dalam satu pengiriman. Untuk menghindari paket terselip selama dalam transit, maka penggunaan palet sangat penting sekali. Saat ini ada 2 jenis palet yang bisa digunakan yaitu palet kayu dan palet plastik.

Berikut ini adalah Tips menggunakan packing palet untuk pengiriman paket ke luar negeri :

  • Palet Kayu harus mengikuti standar ISPM No 15 sama seperti packing kayu di atas.
  • Gunakan bahan kayu sama seperti packing kayu di atas.
  • Jika tidak mau repot dan menghindari biaya fumigasi, gunakan saja palet plastik untuk paket anda.
  • Palet Plastik ini kelebihannya bisa digunakan beberapa kali.
Bagi anda yang berencana mengirim barang ke luar negeri, anda bisa mengikuti standar packing yang telah kami uraikan di atas, selain untuk menghindari kerusakan barang juga menghindari biaya tambahan yang bisa timbul dikarenakan packing yang salah saat mengirim paket ke luar negeri. Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tinggalkan komentar atau hubungi CS UKM EXPRESS di 081-83-777-49



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 "UKM EXPRESS DOKO BLITAR"  "UKM EXPRESS GARUM BLITAR"   "UKM EXPRESS KESAMBEN BLITAR"   "...